Cara Membuat Aplikasi Menghitung Jumlah Total Hutang Beserta Bunga Hutang dengan NetBeans


Master Selo - NetBeans, Ada yang tahu apa itu Netbeans ? pastinya bagi anda yang sudah berkontribusi di dunia aplikasi sudah tahu apa itu netbeans bukan nahh buat anda yang belum tahu apa itu netbeans saya akan menjelaskan sedikit menurut pemahaman saya sendiri ya sobat. jadi netbeans adalah sebuah aplikasi perantara yang dimana dengan aplikasi netbeans tersebut kita dapat membuat sebuah aplikasi yang kita inginkan lo sobat misalkan sobat ingin membuat aplikasi parkir atau sobat ingin membuat aplikasi menghiung jumlah utang banyak dehh sesuai dengan keinginan sobat masing-masing jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar aplikasi sobat aplikasi yang saya buat dengan menggunakan paplikasi netbeans dan java. nahh bagi sobat yang ingin atau berminat bagaimana cara membuat sebuah aplikasi bisa belajar kok gak susah mudah banget di google banyak tutorialnya dan termasuk di situs saya juga akan mulai membuat artikel bagaimana membuat sebuah aplikasi sobat heheheheh. kenapa saya sekarang sudah mulai membuat artikel tentang cara pembuatan aplikasi ? untuk lebih tepatnya begini lo sobat saya kan kuliah ni dan di matakuliah saya ini ada satu matakuliah yang namanya pemrograman visual yang dimana kami di ajarkan bagaimana cara membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan program perantaranya atau program pembuat aplikasi tersebut yang di namanakan netbeans maka dari itu untuk sekarang saya sudah banyak membuat aplikasi dan tinggal saya posting aja nih di google bagus juga si buat anda yang ingin belajar dan bagus juga buat adik adik letting saya nanti yang akan mengalami hal yang sama dengan saya yaitu di suruh buat sebuah aplikasi dari netbeans.

Nahhh cara pembuatannya mudah banget kok sobat gk ribet anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini ya sobat tepatnya pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial cara membuat aplikasi untuk menghitung bunga. ada yang tahu apa itu bunga ? ini bukan bunga yang di pohon itu ta sobat ini adalah bunga dari sebuah utang wkwkwkwkwk kan setiap kali ngutang itu ada bunganya :v

  Tool yang di gunakan :

1. Label 
2. Text Field
3. Button
4. Combo Box


  Langkah-langkahnya :

1. Langkah yang pertama yaitu anda desaign dulu aplikasi dari program yang akan kita buat ini yaitu program menghitung bunga untuk tampilan desaing dari aplikasi ini sobat bisa melihatnya di bawah :


2. Jika sudah sekarang sobat harus memberikan nama variabel di setiap tool yang sobat buat tadi, nama variabel ini berfungsi untuk memanggil program tersebut :

  Keterangan :

"Text Field Utang" Nama Variabel : jUtang
"Combo Box Anggota" Nama Variabel : jAnggota
"Text Field Bunga" Nama Variabel : jBunga
"Text Field Jumlah/Bulan" Nama Variabel : jBulan
"Button Proses" Nama Variabel : JProses
"Text Field Jumlah Total Hutang Rp" Nama Variabel : jTotal
"Text Field Angsuran Per Bulan" Nama Variabel : jAngsuran
"Text Field Saldo" Nama Variabel : jSaldo

3. Nahhh jika sobat sudah mendesain aplikasi untuk menghitung bunga tadi pass seperti gambar yang ada di atas sekarang kita tinggal melanjutkannya di pembuatan programnya ya sobat alias koding untuk menjalankan program tersebut dan jika tidak ada koding programnya jadi gimana sebuah program itu mau berjalan bukan heheheh. Masukkan kode program di bawah ini ke dalam "Combo Box" klik saja di combo boxnya dua kali dan nanti anda akan di arahkan ke sourcenya dan ikuti koding di bawah :


  KODE PROGRAM :

if(jAnggota.getSelectedItem()=="YA"){
jBunga.setText("10%");
}
if(jAnggota.getSelectedItem()=="TIDAK"){
jBunga.setText("25%");
}

4. Dan sekarang kita tinggal memasukkan saja koding program untuk menjalankan aplikasi ini sobat kita masukkan di "Button" yaitu di Menu "Proses" kode program ada di bawah :


  KODE PROGRAM :

if(jAnggota.getSelectedItem()=="YA"){
       
            int utang=Integer.parseInt( jUtang.getText());
            int bulan=Integer.parseInt( jBulan.getText());
            int jumlah_total_utang=utang+(utang*10/100);
            int angsuran_perbulan=jumlah_total_utang/bulan;
            jTotal.setText(""+jumlah_total_utang);
            jAngsuran.setText(""+angsuran_perbulan);
         
           int total=jumlah_total_utang;
            for(int i=0; i<bulan; i++){
                total-=angsuran_perbulan;
                  jSaldo.append("Sisa Utang Untuk bulan Ke:"+i+" adalah "+(total)+"\n");
        }    
        }
        else if(jAnggota.getSelectedItem()=="TIDAK"){
           int utang=Integer.parseInt( jUtang.getText());
            int bulan=Integer.parseInt( jBulan.getText());
            int jumlah_total_utang=utang+(utang*25/100);
            int angsuran_perbulan=jumlah_total_utang/bulan;
            jTotal.setText(""+jumlah_total_utang);
            jAngsuran.setText(""+angsuran_perbulan);
            int total=jumlah_total_utang;
            for(int i=0; i<bulan; i++){
                total-=angsuran_perbulan;
                  jSaldo.append("Sisa Utang Untuk bulan Ke:"+i+" adalah "+(total)+"\n");
        }
        }
    }

5. Nahh jika kita sudah membuat program tersebut sekarang tinggal di jalankan saja aplikasi yang baru saja kita buat tadi dengan cara lihat gambar di bawah ini ya sobat :




6. Taaraaa jadi deh aplikasi untuk menghitung biaya bunga dari sebuah hutang sobat aplikasi yang sobat buat sendiri dengan keringat sobat sendiri heheheheh mudah bukan sobat bagaimana cara membuat sebuah aplikasi tersebut palingan di bagian koding programnya aja si yang susah hahahahaha :v
7. sekian dari saya ya sobast semoga bermanfaat buat anda yang membutuhkan.

Comments

Post a Comment